Jajanan sekolahan adalah makanan ringan yang biasanya dijual di kantin sekolah atau di sekitar lingkungan sekolah. Makanan ini sangat populer di kalangan pelajar dan menjadi bagian dari kenangan masa kecil yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa contoh jajanan sekolahan yang sangat populer di Indonesia:

1. Martabak Manis

Martabak manis adalah jajanan sekolahan yang paling terkenal di Indonesia. Martabak manis terbuat dari adonan yang dibuat dari tepung terigu, telur, gula, ragi, susu, dan air. Adonan ini kemudian diisi dengan cokelat, keju, kacang, atau selai kacang. Martabak manis kemudian dipanggang di atas wajan datar hingga matang dan disajikan dengan topping berupa margarin, gula halus, dan kacang.

2. Risoles

Risoles adalah jajanan sekolahan yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan daging cincang, wortel, kentang, dan bumbu-bumbu lainnya. Risoles kemudian digoreng hingga kulitnya menjadi renyah dan berwarna kecokelatan. Risoles biasanya disajikan dengan saus tomat atau saus sambal.

3. Pastel

Pastel adalah jajanan sekolahan yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan daging cincang, wortel, kentang, dan bumbu-bumbu lainnya. Pastel kemudian digoreng hingga kulitnya menjadi renyah dan berwarna kecokelatan. Pastel biasanya disajikan dengan saus tomat atau saus sambal.

4. Bola ubi

Bola ubi adalah jajanan yang terbuat dari ubi jalar yang dihaluskan, dicampur dengan tepung ketan, dan diberi gula kelapa. Adonan kemudian dibentuk menjadi bola kecil dan digoreng hingga matang. Bola ubi biasanya disajikan dalam kemasan plastik dan menjadi camilan yang lezat dan bergizi.

5. Bakso goreng

Bakso goreng adalah jajanan yang terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu. Adonan kemudian dibentuk menjadi bola kecil dan digoreng hingga matang. Bakso goreng biasanya disajikan dengan saus cabai atau saus tomat, dan menjadi camilan yang gurih dan lezat.

6. Lemper

Lemper adalah jajanan berbentuk segitiga atau bulat yang terbuat dari ketan yang diisi dengan daging ayam, ikan, atau abon. Lemper biasanya dibungkus dengan daun pisang dan menjadi camilan yang praktis dan enak dijadikan bekal saat pergi sekolah atau saat istirahat di sekolah.

7. Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue yang terbuat dari adonan tepung, telur, gula, dan santan kelapa yang dicampur menjadi satu. Adonan kemudian dituangkan ke dalam cetakan kecil dan dipanggang hingga matang. Kue lumpur biasanya disajikan dalam bungkus plastik dan menjadi camilan yang enak dan cocok dijadikan teman saat ngobrol santai.

8. Tahu bulat

Tahu bulat adalah jajanan berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tahu yang dicampur dengan tepung terigu dan bumbu-bumbu. Adonan kemudian digoreng hingga matang dan disajikan dengan saus kacang atau saus sambal. Tahu bulat menjadi camilan yang enak dan cocok dijadikan teman saat ngobrol santai.

9. Es krim

Es krim adalah jajanan yang terbuat dari susu, gula, dan bahan-bahan lain yang dicampur dan dibekukan. Es krim biasanya disajikan dalam wadah atau cornet kertas dan menjadi camilan yang menyegarkan dan cocok dijadikan teman saat pergi sekolah atau saat istirahat di sekolah.

10. Pempek

Pempek adalah jajanan asli Palembang yang terbuat dari adonan tepung sagu dan ikan yang dihaluskan. Pempek dibentuk menjadi berbagai macam bentuk seperti lenjer, kapal selam, atau bulat dan kemudian digoreng. Pempek biasanya disajikan dengan saus cuko yang terbuat dari air, cuka, gula merah, bawang putih, dan cabai rawit.

11. Cireng

Cireng adalah jajanan berupa bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tepung kanji dan tepung terigu yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, dan merica. Adonan kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng hingga matang. Cireng biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus kacang.

12. Kue Lapis

Kue lapis adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung, telur, gula, dan santan kelapa. Adonan kemudian dibagi menjadi beberapa lapisan dengan warna dan rasa yang berbeda-beda. Kue lapis biasanya disajikan dalam potongan-potongan kecil dan menjadi camilan yang lezat dan cocok dijadikan teman saat ngobrol santai.

13. Roti Bakar

Roti bakar adalah roti tawar yang dipanggang atau dibakar dan kemudian diolesi mentega atau selai. Roti bakar biasanya disajikan dengan berbagai macam topping seperti keju, coklat, kacang, atau buah-buahan. Roti bakar menjadi camilan yang lezat dan cocok dijadikan teman saat ngobrol santai.

14. Dadar Gulung

Uploading: 224364 of 224364 bytes uploaded.

Dadar gulung adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan gula yang kemudian diisi dengan kelapa parut yang sudah dicampur gula merah. Adonan kemudian dibuat seperti dadar tipis dan kemudian diisi dengan kelapa parut yang sudah dibumbui gula merah dan kemudian digulung. Dadar gulung biasanya disajikan dalam potongan-potongan kecil dan menjadi camilan yang lezat dan cocok dijadikan bekal saat pergi sekolah atau saat istirahat di sekolah.

        Itulah beberapa macam jajanan sekolahan yang populer di Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan ide untuk mencoba berbagai macam jajanan sekolahan yang lezat dan bergizi. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi jajanan sebaiknya dilakukan dengan bijak dan seimbang agar tetap menjaga kesehatan dan tidak mengganggu aktivitas belajar.