Indonesia memiliki beragam jajanan pasar yang terkenal dengan cita rasa dan keunikannya. Jajanan pasar biasanya dijual di pinggir jalan atau di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah beberapa ragam jajanan pasar yang banyak ditemukan di Indonesia.

1. Pukis

Pukis adalah kue berbentuk bulat yang terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, dan gula merah. Kue ini biasanya diisi dengan parutan kelapa atau cokelat dan dipanggang dengan cetakan khusus hingga matang.

2. Klepon

Klepon adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah cair dan dibentuk bulat-bulat. Setelah itu, kue ini direbus dalam air mendidih hingga matang dan dilapisi dengan kelapa parut.

3. Cenil

Cenil adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan dan gula kelapa yang dipadatkan. Kue ini kemudian dipotong-potong kecil dan disajikan dengan kelapa parut atau gula pasir.

4. Bakwan

Bakwan adalah camilan goreng yang terbuat dari adonan tepung terigu dan sayuran seperti wortel, kol, dan bawang. Camilan ini biasanya disajikan dengan saus cabai atau saus tomat.

5. Dadar Gulung

Dadar Gulung adalah kue tradisional yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, santan, dan gula kelapa. Kue ini kemudian diisi dengan parutan kelapa atau gula merah cair dan digulung seperti pancake.

6. Lemper

Lemper adalah camilan berbentuk silinder yang terbuat dari ketan yang diisi dengan daging ayam cincang dan dibungkus daun pisang. Camilan ini biasanya disajikan dalam porsi kecil dan cocok sebagai camilan di tengah hari.

7. Martabak

Martabak adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging cincang, telur, dan sayuran. Camilan ini kemudian digoreng hingga kecoklatan dan disajikan dengan saus cabai atau saus tomat.

8. Kue cubit

Kue cubit adalah kue kecil yang terbuat dari adonan tepung, telur, susu, dan gula. Kue cubit biasanya dijual dalam bentuk loyang yang berlubang-lubang dan kemudian dipanggang di atas api kecil. Kue cubit memiliki rasa yang manis dan lembut, dan bisa dihidangkan sebagai cemilan atau sebagai hidangan penutup.

9. Roti goreng

Roti goreng adalah roti yang digoreng dan kemudian diberi taburan gula halus atau meses. Roti goreng biasanya disajikan sebagai cemilan atau sebagai hidangan penutup.

10. Bika ambon

Bika ambon adalah kue tradisional khas Medan yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, dan air kelapa. Bika ambon memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, dan bisa dihidangkan sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan penutup.

11. Bolu kukus

Bolu kukus adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan baking powder. Bolu kukus kemudian dikukus hingga matang dan biasanya disajikan sebagai cemilan atau sebagai hidangan penutup.

12. Onde-onde

Onde-onde adalah bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau yang telah direbus dan kemudian digoreng. Onde-onde biasanya disajikan dengan taburan wijen dan gula halus.

13. Serabi

Serabi adalah pancake yang terbuat dari adonan tepung beras dan air kelapa yang dipanggang di atas api kecil. Serabi biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair.

14. Sosis solo

Sosis solo adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibungkus dengan kulit pangsit dan kemudian digoreng. Sosis solo biasanya disajikan dengan saus tomat dan saus sambal.

15. Putu mayang

Putu mayang adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung beras yang dibentuk seperti mie dan kemudian dikukus. Putu mayang biasanya disajikan dengan saus gula merah dan kelapa parut.

16. Kue lapis

Kue lapis adalah kue tradisional yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, santan, dan pewarna makanan. Kue lapis memiliki lapisan-lapisan yang berbeda warna dan rasanya yang manis.

17. Gemblong

Gemblong adalah makanan yang terbuat dari adonan ketan dan gula merah yang kemudian digoreng. Gemblong biasanya disajikan dengan taburan wijen dan gula halus.

18. Lupis

Lupis adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula merah dan kemudian dibentuk menjadi segitiga. Lupis biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah serut.

19. Wingko babat

Wingko babat adalah makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kelapa parut, gula merah, dan ketan. Wingko babat memiliki tekstur yang renyah dan rasanya manis.

20. Putu bambu

Putu bambu adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air daun pandan dan kemudian dikukus dalam bambu. Putu bambu biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah serut.

21. Kue ape

Kue ape adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari adonan tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan kemudian dipanggang. Kue ape memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya manis.

22. Lekker

Lekker adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu, susu, dan telur yang kemudian digoreng dan diisi dengan berbagai macam topping seperti cokelat, keju, dan kacang. Lekker biasanya disajikan dalam bentuk gulungan.

        Itulah beberapa ragam jajanan pasar yang banyak ditemui di Indonesia. Masing-masing jajanan pasar memiliki keunikan dan keistimewaannya tersendiri. Selain memiliki rasa yang lezat, jajanan pasar juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi karena sudah ada sejak lama dan menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Indonesia.